Header Ads

Breaking News

Sekilas Tentang Welak Manggarai Barat, Sebuah Ungkapan Kegetiran

Related image
Kantor Camat Welak
Goresan kecil saya kali ini, berangkat dari rasa malu, jengkel dan heran saya manakala berkenalan dengan orang-orang yang berasal dari Manggarai yang sama sekali tidak mengenal Welak itu di mana.

Pengalaman hidup di rantaun, mengenal daerah asal sungguh merupakan sesuatu yang spesial. sebab dari sana keakraban dengan cepat terjalin dan terbangun.

Memang sifat dasariah manusia, yang mana karena egonya yang begitu tinggi, manusia akan selalu mencari dan merasa dekat kepada apa yang menjadi miliknya.

Setiap kali berkenalan dan menanyakan daerah asal, orang kebanyakan tidak tahu Welak itu di mana. Jangankan lokasinya, namanya saja orang jarang dengar. Maka goresan berikut merupakan sebuah koin yang memiliki dua sisi yakni curahan hati atas perasaan2 saya dan juga informasi yang ingin saya berikan kepada khalayak terkhusus orang Manggarai di tanah rantaun.

Ini profil singkat kecamatan Welak yang saya tulis sebatas kemampuan saya--seadanya. 

Kode Wilayah : 53.15.07
Kabupaten : Kab. Manggarai Barat (53.15)
Provinsi : Nusa Tenggara Timur(53)–ISO : Negara : Indonesia

Kecamatan Welak merupakan sebuah  kecamatan pemekaran dari kecamatan Lembor.

Pada masa pra-keswaprajaan, Welak merupakan sebuah kerajaan tersendiri dengan Rengka waek sebagai rajanya yang  disertai dengan pengadilannya sendiri pula.

Dalam bukunya “manggarai mencari pencerahan historiografi”, Dami M. Toda berkisah bahwa, banyak hamba hamba dari manggarai yang diminta Bima saat penjajahan dulu didatangkan dari Welak.

Pada masa keswaprajaan, Welak menjadi sebuah ke-dalu-an di bawah kuasa kerajaan Todo.

Berdasarkan ketentuaan Undang-Undang RI No. 8 Tahun 2003, Tgl. 25-02-2003, pada tahun 2009, Welak ditetapkan sebagai kecamatan tersendiri.

Secara gepgrafis,Welak memiliki luas. Pada  sebelah selatan kecamatan Welak berbatasan lansung dengan Kecamatan Lembor dan kecamatan Kuwus di sebalah utara, kecamatan Sanonggoang di sebelah barat dan kecamatan Ruteng di sebalah timur.

Map of Orong, Welak, West Manggarai Regency, East Nusa Tenggara
Peta Kecamatan Welak
Kecamatan ini telah mencetak dua kepala daerah yaitu Mantan Bupati Bpk Anton Bagul Dagur dan Bpk Fidelis Pranda

Kecamatan Welakpun tak kalah ketenaranya dengan adanya Istana Ular yang sudah semakin mendunia. (Dan semoga Pemerintah daerah terus mendukung untk mempopulerkan potensi pariwisata kecamatan baru itu).

Sejak dibentuknya kecamatan Welak, ada sebelas desa yang mendukungnya. Diantaranya seperti yang tersaji dibawah ini: Baca Lebih Lanjut

No comments