Header Ads

Breaking News

Tenyata ini Alasan Mengapa Panglima TNI ditolak masuk wilayah AS.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo
Panglima TNI Gatot Nurmantyo (Foto: REUTERS/Beawiharta)
LIPA BATE MOSE.Com, Ruteng - Kabar terkait pihak Amerika Serikat yang menolak kehadiran Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masih menjadi perhatian publik.Pasalnya ini bukan kali pertama, seorang jenderal TNI dilarang masuk ke negeri Paman Sam.

Melansir kumparan.com, Setidaknya ada 3 alasan mengapa Panglima TNI dilarang masuk ke AS. Sebelum Gatot, ada sederet nama yang yang juga mengalami nasib serupa.Siapakah mereka?

1. Karena Disebut Terlibat Pelanggaran HAM tahun 1998

Prabowo pada tahun 2004 diarang masuk AS karena disebut terlibat dalam penculikan aktivis, pelanggaran HAM, dan upaya mendongkel Presiden BJ Habibie dalam kudeta yang berujung pada pemecatannya sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Pengalaman yang sama juga dialami oleh Menkopolhukam Wiranto. Mantan Panglima disebut juga pernah dilarang masuk ke AS pada tahun 2004 silam. Alasannya sama, soal dugaan adanya pelanggaran HAM.

Media AS pada tahun 2004 menyebut Wiranto masuk ke dalam daftar WNI yang masuk daftar tersangka penjahat perang atas laporan
PBB. Pada tahun 1999 Wiranto didakwa terlibat tindak kekerasan yang menyebabkan 1.500 warga Timor Timur tewas saat referendum berlangsung. lalu Jendral Gatot?

2. Dilarang karena Terlibat Peristiwa Timor Timur

Sjafrie ditolak karena disebut terlibat pelanggaran HAM di Timor Timur. Dikabarkan oleh The Age pada tahun 2011, tuduhan terhadap Sjafrie terjadi ketika dia bertugas sebagai komandan pasukan Indonesia khusus di Timor Timur.

Dia diduga bertanggung jawab atas pembantaian di Santa Cruz, yang merenggut nyawa lebih dari 250 warga Timor Timur, yang merupakan demonstran pro-kemerdekaan pada 12 November 1991.

Namun disebutkan juga Sjafrie mengirimkan pernyataan kepada Kedutaan AS dan berusaha untuk membantah tuduhan-tuduhan itu. Dia mengatakan, bahwa dia tidak berada di lokasi saat pembantaian Santa Cruz.

Sjafrie juga pernah menyatakan namanya telah bersih, setelah Komnas HAM mengeluarkan pernyataan terkait kasus kekerasan di Dili pada September 1999.

3. Karena Permasalahan Internal

Bagaimana dengan apa yang terjadi pada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo?
Pihak Kementerian Luar Negeri menjelaskan bahwa larangan terbang ke Amerika Serikat kepada Panglima TNI karena masalah internal.  Namun ia tak merinci apa yang dimaksud masalah internal tersebut.

Pagi ini Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menjelaskan, bahwa larangan terhadap Panglima TNI sudah dicabut. Pencabutan itu sudah disampaikan pihak Kedutaan Besar AS di Jakarta kepadanya pagi tadi di Kementerian Luar Negeri. Pihak AS telah menyatakan penyesalan dan permintaan maafnya atas insiden tersebut.
image:

Namun Wakil Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, permintaan maaf dari Dubes saja dinilai belum cukup. sApalagi jika menilik dari situs resmi CBP, lembaga proteksi perbatasan AS itu bertugas untuk mencegah masuknya orang-orang dan benda-benda yang dianggap berbahaya, seperti teroris dan senjata mereka.

"Kemarin dari KBRI Washington sudah nengirimkan nota diplomatik yang meminta klarifikasi, itu dijawab dulu. Supaya hubungan kedua negara tetap terjaga dengan baik. Jadi tidak hanya maaf dari Dubes, tapi alangkah eloknya kalau ada juga pernyataan resmi dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat," ujar Meutya di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/10).(RDJ)

No comments